Organisasi

Organisasi

Organisasi

Jul 20, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

PCA Kraton Kukuhkan dan Teguhkan Ideologi PRA Se-Kraton

PRA se-Kraton menerima SK Pengukuhan dari PCA Kraton. Foto: Dok. PRA Kraton

YOGYA - Pada bulan Oktober sampai November 2023, 11 Pimpinan Ranting ‘ Aisyiyah yang ada di wilayah Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) Kraton Yogyakarta, telah melaksanakan Musyawarah Ranting dengan beragam dinamika dan perkembangannya.

Selain garis besar rumusan program lima tahun mendatang, salah satu hasilnya adalah terbentuknya pimpinan di masing-masing ranting. Setelah terbentuk susunan Pimpinan secara lengkap di semua ranting tersebut, maka PCA Kraton berinisiatif mengadakan Pengukuhan secara bersama-sama. Dengan tujuan mempererat ukhuwah dan semangat dalam ber-’Asyiyah sekaligus meneguhkan dakwah Perempuan Berkemajuan.

Pengukuhan PRA se Kraton periode 2022-2027 dilaksanakan pada Sabtu (20/1) 2024 di Aula SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta unit 2, Jalan Patehan Tengah. Dihadiri oleh Penasihat dan seluruh PCA Kraton, Ketua dan anggota majelis di PCA Kraton, Seluruh PRA se-Cabang Kraton serta para tamu undangan. Pengukuhan dilakukan oleh Ketua PCA Kraton, Hj. Laila Desi Ikawati, S.Ag bersama Sekretaris PCA Kraton Hj. Zeni Hermawati, M.Pd.

Setelah pengukuhan diserahkan SK kepada masing-masing Ketua PRA yaitu PRA Gamelan pada Ani Nurhidayah, PRA Langenastran pada Dra. Hj. Tuti Purwani, PRA Kadipaten Kidul pada Hj. Yuana Dwi Astuti, S.P, PRA Kadipaten Kulon pada Hj. Latifah Hanum, PRA Kadipaten Wetan dan Ngasem pada Dra. Hj. Enggarwati, PRA Mangunegaran pada Hj. Enny Sumartini, PRA Ngadisuryan pada Nurbaiti Shaleh, S.Pd., PRA Panembahan pada Ir. Hj. Siswanty Dwi Thesaurini, PRA Patehan pada Hj. Siti Roikhanah, S. Pd., MM, PRA Suryoputran pada Dra. Sri Rejeki Ekasasi, M.B.A. dan PRA Taman pada Hj. Widjiani.

Dalam Sambutannya Ketua PCA Kraton Hj. Laila Desi Ekawati, S.Ag mengajak seluruh pimpinan Cabang dan diranting untuk terus merawat dan mengembangkan peninggalan yang sangat berharga dari para pendahulu yang telah merintis berdirinya ‘Aisyiyah.

Yang menjadi medan perjuangan, menyemai amal shalih bagian dari perjuangan Islam Berkemajuan. Di penghujung sambutan Ika mengucapkan tahniah. “Selamat menjalankan tugas dakwah di wilayah masing-masing, sehat selalu dalam bergiat bersama keluarga dan para Sahabat ‘Aisyiyah tercinta,” ucapnya. 

Setelah acara pengukuhan dilanjutkan dengan acara Peneguhan Ideologi untuk semua Pimpinan Cabang dan Ranting, dengan materi Risalah Islam Berkemajuan (RPB). Dokumen resmi ‘Aisyiyah terkait dengan perempuan, yang merupakan salah satu keputusan penting, hasil Muktamar ‘Aisyiyah ke-48 yang baru saja berlalu.

Disampaikan oleh Hasta Dewi, Ketua Majelis Tabligh dan Ketarjihan Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) DIY. Hasta mengajak semua pimpinan untuk selalu bersyukur berbangga hati telah menjadi bagian dari ‘Aisyiyah, yang turut berjuang mewujudkan nilai-nilai Islam yang Berkemajuan.

Menegaskan semangat kesetaraan antara laki-laki dan perempuan dalam beramal shalih yang dilandasi iman kepada Allah sebagai disebutkan dalam Al-Qur’an Surat An-Nahl ayat 97. “Perempuan yang maju adalah perempuan yang berpengetahuan dengan landasan iman," jelasnya

Berita ini diterima Mediamu dari Saffana Intani (PCA Kraton)

Wartawan: Dzikril Firmansyah 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here